Minggu, 15 November 2015

Jejak Fashion Tahun 2015 Masih Melekat di Tahun 2016, Benarkah?

Tahun demi tahun perkembangan zaman akan mengalami perubahan, tidak terkecuali dalam dunia fashion. Perkembangan dunia fashion yang tiada matinya dan akan selalu ditunggu-tunggu oleh para pemerhati fashion baik sebagai perancang, trendsetter or konsumen fashion itu sendiri. Sebelumnya kita telah ketahui warna-warna pastel pernah menjadi favorit para wanita dalam koleksi warna busananya. Ya, karena warna-warna pastel yang lebih terkesan kalem dan adem dipandang memberikan kesan anggun dan elegan bahkan sekalipun bergaya casual bagi pemakainya. Kemudian kini muncul warna-warna monochrome, yakni warna hitam dan putih. Warna monochrome hitam dan putih yang dikenal pada tahun 2015 memiliki nyawa layaknya hitam dan putih tak pernah mati, begitu pula ketika dipadankan dengan tampilan yang agak maskulin. Dengan warna-warna tersebut, dapat kalian jadikan andalan untuk tampilan busana. Selain monochrome motif-motif yang hits di tahun 2015, seperti polkadot, motif-motif bunga, garis-garis nautika, dan sequins sepertinya masih banyak diminati.
Jika tadi kita sudah membahas mengenai warna dan motif yang akan masih trend di tahun 2016, kini kalian tentu sudah tahu jenis luaran yang satu ini yaitu cardigan. Ya cardigan kerap dipakai saat mengenakan blus tanpa lengan. Cardigan dapat dikatakan sebagai pelengkap yang pas, ya pas untuk dipakai ngantor, pergi ngampus bahkan sekalipun pergi hang out.  Cardigan merupakan trend baju tahun 2015. Tahun 2015 ini kita mengenal berbagai cardigan. Tetapi cardigan yang banyak diminati adalah yang berbahan spandek.


Kita tahu bahwa cardigan merupakan bagian dari pakaian atau baju dengan bagian depan terbuka. Berikut beberapa karakteristik cardigan sebagai  trend baju tahun 2015:
1.      Cenderung menggunakan bahan spandek.
2.     Dari segi model cenderung kearah cardigan dengan panjang sepantat dan lebih panjang untuk bagian depan.
3.     Cardigan dengan lengan panjang.
4.     Cardigan tanpa kerah.
Jika tadi membahas mengenai karakteristik cardigan kini kita alihkan kepada jenis bahannya. Untuk akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016, bahan cardigan akan cenderung mengarah pada bahan-bahan berkarakter ringan dan lebih tahan air. Hal ini untuk mengantisipasi kenyamanan konsumen pada saat musin hujan. Seperti yang kita ketahui bulan November dan awal tahun 2016 masih musim penghujan. Kalau kita bicara bahan pakaian dengan karakter ringan, baik saat kering maupun basah, salah satunya adalah bahan sifon dan ceruti. Bahan ini merupakan bahan yang diperkirakan akan mampu menciptakan kekuatan pasar untuk produk cardigan wanita. Baik itu cardigan yang berdiri sendiri maupun cardigan yang membentuk produk baju wanita two pieces. 
Apabila dilihat dari segi model, tentu dibagi menjadi dua kelompok kategori baju muslim wanita dan baju secara umum. Dari segi baju muslim wanita, cardigan dengan model panjang di antara tumit dan lutut diperkirakan akan mampu menggebrak pasar busana muslim di Indonesia secara signifikan. Untuk inovasi cardigan pada busana muslim akan bisa terlihat pada kerah, Lengan dan keserasian dengan trend jilbab pada waktu bersangkutan.
Pertanyaanya, apakah tren cardigan dengan ciri di atas akan bertahan menjadi trend di tahun 2016? Jawabannya bisa “Ya” bisa “Tidak”. Karena tidak menutup kemungkinan beberapa karakter cardigan, model serta bahan  di atas bertahan di tahun 2016 atau bisa saja adanya inovasi baru dalam model, bahan, motif dan warna pada jenis cardigan. So, kita lihat nanti perkembangan dunia fashion selanjutnya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar